Sabtu, 19 Agustus 2017

Kenapa Bumi Berbentuk Bulat?

  Zein Sakti       Sabtu, 19 Agustus 2017
Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Kenapa Bumi Berbentuk Bulat?

Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di permukaannya pada miliar tahun pertama. Biosfer Bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan organisme serta pembentukan lapisan ozon, yang bersama medan magnet Bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan mengizinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan. Sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit Bumi memungkinkan kehidupan untuk bisa terus bertahan

Diperkirakan bumi sekarang berumur 4.6 milyar tahun artinya bumi ini terbentuk 4.6 milyar tahun yang lalu. Banyak teori yang menjelaskan tentang sejarah pembentukan bumi. Semua teori tersebut di dasarkan pada teori pembentukan tata surya. Seperti teori Bigbang, Teori Bintang Kembar,  Teori Nebula, dan lain-lain. Pada dasarnya semua teori akan menjelaskan pembentukan bumi.

Teori-teori tersebut menjelaskan bahwa bumi terbentuk akibat memadatnya gas-gas. Gas-gas tersebutlah yang kemudian membentuk menjadi bumi atau benda angkasa lainnya.

Sekarang kita kembali ke pokok masalahnya, sebenarnya bumi bukanlah bulat, melainkan berbentuk elips. Tetapi orang-orang sering menyebut kalau bumi itu bulat. Dari luar bumi akan terlihat bulat, namun tidak dengan permuakaan bumi. Permukaan daratan bumi ada yang tinggi dan ada yang datar bahkan ada yang berada di bawah permukaan laut. Dataratan tersebut terbentuk dari gunung-gunung, bukit-bukit, lembah-lembah dan lain-lain. 

Lalu kenapa bumi bernbentuk bulat Kenapa Bumi Berbentuk Bulat?

 Bentuk bulat dari permukaan bumi itu disebabkan karena adanya gaya gravitasi di pusat bumi. Gravitasi itu memanipulasi bentuk bumi agar jarak antara permukan bumi dengan pusat gravitasi sama(jari-jari sama panjang). Akibatnya bumi akan berbentuk bulat. Seandainya suatu saat bumi akan terkikis atau separuh bagian bumi hancur sehingga bumi berbentuk acak, maka suatu saat bumi kembali bulat akibat gaya gravitasinya.

Demikian artikel Kenapa Bumi Berbentuk Bulat? semoga bisa bermanfaat.
logoblog

Thanks for reading Kenapa Bumi Berbentuk Bulat?

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar