Jumat, 18 Agustus 2017

Mengapa Anak-Anak Diberi Imunisasi?

  Zein Sakti       Jumat, 18 Agustus 2017
Imunisasi adalah pemberian kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dengan memasukkan sesuatu ke dalam tubuh agar tubuh tahan terhadap penyakit yang sedang mewabah atau berbahaya bagi seseorang.

Kenapa Anak-Anak di Imunisasi?

Imunisasi juga berasal dari kata imun yang berarti kebal atau resisten. Imunisasi terhadap suatu penyakit hanya dapat memberikan kekebalan atau resistensi pada penyakit tertentu saja, sehingga untuk penyakit lain diperlukan suatu imunisasi yang lainnya. Imunisasi tersebut sering disebut juga dengan vaksinasi.

Imunisasi ini juga biasanya lebih fokus diberikan kepad anak-anak, pasalnya anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih sebaik orang dewasa, sehingga rentan terhadap serangan penyakit yang berbahaya

Tujuan Imunisasi
Tujuan imunisasi untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada seseorang dan menghilangkan penyakit tertentu pada sekelompok masyarakat (populasi) atau bahkan menghilangkan penyakit tertentu dari dunia seperti pada imunisasi cacar variola. Keadaan yang terakhir ini mungkin terjadi pada jenis penyakit yang dapat ditularkan melalui manusia, seperti misalnya difteria.

Manfaat Imunisasi
Tujuan dalam memberikan suatu imunitas dari imunisasi bagi anak yakni mengurangi angka dari penderita suatu penyakit yang sangat membahayakan bagi kesehatan dan bahkan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Manfaat imunisasi dapat menghindarkan kita dari penyakit seperti campak, difteri, batuk rejan, cacar air, polio, hepatitis B, TBC, gondongan dll.

Tidak hanya itu, imunisasi tidak hanya bermanfaat hanya untuk individu anak yang diimunisasi saja, akan tetapi juga mempunyai manfaat yang lebih luas. Beberapa manfaat imunisasi tersebut adalah

Demiikian artikel Kenapa Anak-Anak di Imunisasi? semoga bisa bermanfaat.
logoblog

Thanks for reading Mengapa Anak-Anak Diberi Imunisasi?

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar