Jumat, 18 Agustus 2017

Mengapa Bahasa Melayu Cepat Berkembang Pesat di Nusantara?

  Zein Sakti       Jumat, 18 Agustus 2017
Dalam pengertian awam, istilah bahasa Melayu mencakup sejumlah bahasa yang saling bermiripan yang dituturkan di wilayah Nusantara dan di Semenanjung Melayu. Sebagai bahasa yang luas pemakaiannya, bahasa ini menjadi bahasa resmi di Brunei, Indonesia (sebagai bahasa Indonesia), dan Malaysia (juga dikenal sebagai bahasa Malaysia); bahasa nasional Singapura; dan menjadi bahasa kerja di Timor Leste (sebagai bahasa Indonesia). 


Mengapa Bahasa Melayu Cepat Berkembang Pesat di Nusantara?

Bahasa Melayu merupakan lingua franca dalam kegiatan perdagangan dan keagamaan di Nusantara sejak abad ke-7. “Lingua Franca” yakni bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi umum di Nusantara atau sebagai bahasa persatuan dan bahasa penghubung. Migrasi kemudian juga turut memperluas pemakaiannya. Selain di negara yang disebut sebelumnya, bahasa Melayu dituturkan pula di Afrika Selatan, Sri Lanka, Thailand selatan, Filipina selatan, Myanmar selatan, sebagian kecil Kamboja, hingga Papua Nugini. Bahasa ini juga dituturkan oleh penduduk Pulau Christmas dan Kepulauan Cocos, yang menjadi bagian Australia.

Alasan berkembangnya bahasa melayu secara cepat di Indonesia
Mengapa Bahasa Melayu Cepat Berkembang Pesat di Nusantara? Ini dia alasannya

1. Bahasa melayu adalah bahasa resmi kerajaan terbesar dahulu
Bahasa Melayu digunakan hampir di semua pelabuhan-pelabuhan di Kepulauan Nusantara. Bahasa Melayu sejak zaman kuno sudah menjadi bahasa resmi Negara Melayu (Jambi). Pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya, bahasa Melayu dijadikan bahasa resmi dan bahasa ilmu pengetahuan. Hal ini dapat dilihat dalam Prasasti Kedukan Bukit tahun 683 M, Prasasti Talang Tuo tahun 684 M, Prasasti Kota Kapur tahun 685 M, dan Prasasti Karang Berahi tahun 686 M

2. Bahasa Melayu bersifat sederhana. 
Bahasa melayu berkembang dengan cepat, hal ini disebabkan karena bahasa melayu termasuk bahasa yang mudah. Bahasa yang mudah berarti bahasa yang dengan cepat dapat dipelajari. Bahasa Melayu mengalami perkembangan Bahasa- Melayu kuno .- Melayu Klasik.- Bahasa Indonesia.

3. Bahasa Melayu berkerabat dengan Bahasa Nusantara lainnya
 Puncak dan pernyataan bahwa Bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa persatuan bangsa adalah diikrarkannya sumpah pemuda di Jakarta, yang dicetuskan oleh para pemuda dari berbagai penjuru nusantara, pada saat itulah lahir Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nusantara.

4. Bahasa melayu mudah diterima masyarakat
Bahasa Melayu mudah di terima oleh masyarakat Nusantara sebagai bahasa perhubungan antar pulau, antar suku, antar pedagang, antar bangsa dan antar kerajaan

5. Migrasi suku melayu di nusantara
Suku melayu sangat cepet menyebar ke seluruh penjuru nusantara sehingga bahasa mereka pun berkembang di mana-mana hingga menjadi akar dari bahasa ndonesia yang setiap hari kita gunakan.

Demikian artikel Mengapa Bahasa Melayu Cepat Berkembang Pesat di Nusantara? semoga bisa bermanfaat.
logoblog

Thanks for reading Mengapa Bahasa Melayu Cepat Berkembang Pesat di Nusantara?

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar