Sabtu, 19 Agustus 2017

Mengapa Ekor Komet Selalu Menjauhi matahari?

  Zein Sakti       Sabtu, 19 Agustus 2017
Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong atau parabolis atau hiperbolis.

Kata "komet" berasal dari bahasa Yunani, kometes yang berarti "rambut panjang". Istilah lainnya adalah bintang berekor yang tidak tidak tepat karena komet sama sekali bukan bintang.

Komet terbentuk dari es dan debu. Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari Matahari. Ketika mendekati Matahari, sebagian bahan penyusun komet menguap membentuk kepala gas dan ekor. Komet juga mengelilingi Matahari, sehingga termasuk dalam sistem tata surya. Komet merupakan gas pijar dengan garis edar yang berbeda-beda. Panjang "ekor" komet dapat mencapai jutaan km.

Saat komet melintas mendekati matahari dengan jarak kurang dari 3 SA (1 SA = jarak Bumi-Matahari = 149.597.870,691 ± 0,030 km) akan muncul selubung gas dan debu yang panjangnya bisa mencapai hingga 1 SA, hal ini disebabkan energi kalor yang dipancarkan oleh sinar matahari menguapkan materi terluar yang menyelubungi inti komet, kemudian uap materi tersebut membentuk ekor raksasa dan memendarkan cahaya matahari.

Mengapa Ekor Komet Selalu Menjauhi matahari?
Komet adalah suatu kumpulan debu dan gas yang membeku. Ekor komet selalu menjauhi metahari karena ketika mendekati matahari, debu dan gas yang beku menghasilkan suatu ion yang dikeluarkan dari dalam nucleus komet atau pusat komet. Ion itu akan bereaksi kepada radiasi yang dipancarkan oleh matahari yang mempunyai suhu yang tinggi (sering disebut juga dengan angin matahari) sehingga uap ion dari debu dan gas komet selalu menjauhi matahari

Ekor komet dibagi menjadi dua jenis: 
1. ekor yang arahnya selalu menjauhi matahari biasa disebut dengan nama ekor ion (segaris matahari-komet-ekor). 

2. ekor yang arahnya melengkung mendekati matahari biasa disebut dengan nama ekor debu. Ekor debu terjadi akibat dari tarikan gravitasi matahari. Kerapatan ekor komet sangat kecil, bahkan lebih kecil jika dibandingkan dengan kerapatan ruang hampa yang dihasilkan oleh bumi. 

Hal ini karena sangat besarnya volume selubung ekor komet yang dihasilkan. Semakin mendekat komet dengan matahari, maka semakin panjanglah ekor komet dan semakin banyak pula materi yang hilang. Sebaliknya, semakin menjauh komet dengan matahari,menuju ketempat asalnya, maka semakin pendek ekor komet, namun dengan massa yang semakin berkurang jika dibandingkan dengan ketika komet sebelum mendekati matahari. 

Demikian artikel Mengapa Ekor Komet Selalu Menjauhi matahari? semoga bermanfaat.
logoblog

Thanks for reading Mengapa Ekor Komet Selalu Menjauhi matahari?

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar