Sabtu, 19 Agustus 2017

Mengapa Emas Disebut Logam Mulia?

  Zein Sakti       Sabtu, 19 Agustus 2017
Emas adalah unsur kimia dlm tabel periodik yang memiliki simbol Au (aurum) dan nomor atom 79. Sebuah logam transisi (trivalen dan univalen) yang lembek, mengkilap, kuning, berat. Emas tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya tetapi terserang oleh klorin, fluorin dan aqua regia. Logam ini banyak terdapat di nugget emas atau serbuk di bebatuan dan di deposit alluvial dan salah satu logam coinage. Emas melebur dalam bentuk cair pada suhu sekitar 1000 derajat celcius.

Mengapa Emas Disebut Logam Mulia?

Emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa, kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), serta berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. 

Emas digunakan sebagai standar keuangan di banyak negara dan juga digunakan sebagai perhiasan, dan elektronik. Penggunaan emas dalam bidang moneter dan keuangan berdasarkan nilai moneter absolut dari emas itu sendiri terhadap berbagai mata uang di seluruh dunia, meskipun secara resmi di bursa komoditas dunia, harga emas dicantumkan dalam mata uang dolar Amerika. 

Lalu, Mengapa Emas Disebut Logam Mulia?
Logam mulia adalah logam yg tahan terhadap korosi maupun oksidasi.
contoh logam mulia adalah emas, perak dan platina.umumnya logam logam

mulia memiliki harga yg tinggi,karna sifatnya yg langka dan tahan korosi.

Unsur emas sulit sekali bereaksi dengan unsur lain, tahan disiram asam sulfat, tidak bisa berkarat, tidak perlu perawatan, penghantar arus listrik yang sangat baik. Bahkan dalam agama samawi manapun emas adalah unsur yang menjadi patokan kekayaan.

Jadi, emas disebut logam mulia karena dia tidak terpengaruh oleh unsur lain, maka kalo orang yang mulia itu dia tidak pernah mendengarkan ucapan-ucapan orang sembarangan, dia hanya mau mendengarkan dari orang-orang yang mulia. Maka jadilah seperti emas.

Bagaimana dengan emas campuran?
emas campuran yaitu emas yang dicampurkan dengan unsur lain tapi dia (emas) tidak akan bereaksi dengan unsur yang dicampurkan, malah dapat dipisahkan bila suhunya dinaikkan sampai derajat tertentu, jadi itu adalah bukti kalo emas sulit sekali bereaksi.

Demikian artikel Mengapa Emas Disebut Logam Mulia? semoga bermanfaat.
logoblog

Thanks for reading Mengapa Emas Disebut Logam Mulia?

Previous
« Prev Post

1 komentar:


  1. Biasanya orang investasi emas supaya duitnya ga tergerus inflasi..
    Kalo gw sih beda, pake yang online tapi yang jaminan aman hehehe..
    Boleh cek referensinya..
    investasi yang aman dari inflasi

    BalasHapus