Jumat, 25 Agustus 2017

Mengapa Manusia Perlu Bekerja?

  Zein Sakti       Jumat, 25 Agustus 2017
Orang mempunyai alasan yang berbeda-beda tentang bekerja. Secara umum, biasanya orang bekerja karena alasan ekonomi. Tapi ternyata ada alasan lain yang tidak selalu ekonomi. Mungkin dengan mengetahui secara persis apa alasan kita bekerja, maka kita dapat meningkatkan prestasi kerja kita atau mengubah mindset kita bahwa kerja menjadi sebuah hobi. Berikut lima alasan orang bekerja:


1. Bekerja karena perlu uang

Alasan ini bisa dibilang peringkat paling tinggi. Kita semua butuh uang untuk membayar/membeli kebutuhan dasar kita seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal. Istilah kitanya: pangan, sandang dan papan. Kita juga kepengen uang (yang kita punya) dapat membuat hidup menjadi lebih baik dan lebih nyaman, misalnya untuk pendidikan, kendaraan, rekreasi atau untuk beramal (seperti sekarang ini, sodara-sodara kita yang kena musibah pasti butuh bantuan kita). Karena alasan tersebutlah kita bekerja.

2. Bekerja untuk mendapatkan identitas

Yang ini agak beda neh… (Apa dia ga perlu uang ya ? Tidak juga). Menurut Plate dan Patton (1991), identitas adalah cara kita melihat diri sendiri dan cara berfikir bagaimana orang lain melihat kita. Banyak orang merasa bahwa sebuah pekerjaan menempatkan mereka sebagai bagian dari identitas. Mereka melihat bahwa mereka sebagai orang yang dapat melakukan sesuatu, bertanggung jawab, dan cukup pantas dibayar atas pekerjaan yang mereka lakukan. Bisa jadi, identitas dimaksud adalah profesi dari pekerjaannya.

3. Bekerja karena merasa diri baik/penting

Setiap orang ingin menjadi penting, dengan berbagai cara. Menjadi bagian dari kesibukan dunia yang bergerak cepat membuat kita merasa penting (diperlukan). Keinginan untuk menjadi penting bisa jadi membuat kita bekerja lebih keras dan lebih lama dari orang lain. Banyak orang merasa bangga dengan pekerjaannya, mereka mencintai pekerjaannya. Mereka juga senang menggunakan keterampilan dan bakat mereka, oleh karenanya mereka berekja keras guna meningkatkan keterampilan tersebut.

4. Bekerja agar berguna
Dengan bekerja mereka merasa dapat berbagi. Orang-orang seperti ini bisa jadi bekerja tidak untuk dirinya sendiri, tapi menjaga keluarga (dalam arti luas), atau bekerja untuk membantu orang lain dalam satu komunitas tertentu. Ketika musim bencana seperti sekarang ini, banyak orang menjadi relawan. Mereka bukan mencari uang, tidak jarang malahan mereka keluar uang dari kocek mereka sendiri untuk membantu orang yang kena bencana tadi.

5. Bekerja agar bisa bersama orang lain

 Banyak orang merasa senang ketika bersama-sama orang lain. Mereka tidak suka sendirian dalam waktu yang cukup lama. Bekerja memberi mereka kesempatan untuk bersama atau berbincang dengan teman, kerabat, atau orang lain.

Kalo dirasa-rasa sih ada juga alasan lain, misalnya karena hobi, bosen diem di rumah (karena diomelin ortu terus… ya iyalah), atau bekerja karena pengen macarin bos yang cantiknya ujubuneng. Atow alasan lain lah…

Sumber: hxxps://m,kaskus.co.id/thread/52eca0fd0d8b46f06b8b466c
logoblog

Thanks for reading Mengapa Manusia Perlu Bekerja?

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar